Apa sih Vector itu? Ini dia penjelasannya

Dalam desain grafis banyak istilah istilah yang harus dipahami agar kita tidak salah paham. Nah pada kesempatan kali ini saya mau ngebahas "apa sih vector itu?". Saya berusaha menjelaskan "apa sih vector itu?" sesuai dengan pengetahuan saya, jadi apabila ada kekurangan mohon dikoreksi ya om.

Vector merupakan gambar digital yang dibuat melalui serangkaian proses menghubungkan titik-titik, garis lurus, garis lengkung, dan bentuk-bentuk poligon lainnya. Control points atau nodes merupakan istilah untuk titik-titik penghubung vector. Gambar vector bisa ditambahkan atau diubah ketebalan garis, diubah bentuk, diubah warnanya. Selain itu apabila di zoom gambar vector tidak kelihatan pecah atau blur. Jadi gambar vector bisa menyesuaikan ukuran media apabila akan melakukan proses cetak. Apabila kita membuat vector untuk desain kartu nama maka vector yang kita buat juga bisa untuk dicetak seukuran billboard yang besar sekalipun, hasilnya akan tetap bagus dan tidak pecah atau blur. Jadi vector sangat disarankan apabila ingin melakukan proses cetak di media yang besar agar hasilnya maksimal. Untuk lebih jelas, lihat contoh perbedaan antara gambar vector dan gambar bitmap dibawah ini. 

Perbedaan vector & bitmap

Kesimpulannya Vector adalah gambar yang dibuat melalui proses digital dengan cara menghubungkan titik-titik sehingga menjadi sebuah bentuk/shape. Sekian yang dapat saya jelaskan tentang "apa sih vector itu?", apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dikoreksi, saya menjelaskan berdasarkan apa yang saya pahami. Sampai jumpa lagi di tulisan saya selanjutnya, see yaaa......

Komentar